Rabu, 13 April 2016

BC BC Gemez

Sebenarnya dari beberapa hari yang lalu udah "gatel" pengen nulis ini. Eh, apa malah dari tahun lalu ya? Ah, pokoknya udah lama sih sebenarnya kerisauan ini ingin ditulis dan disampaikan. Bukan untuk "Sok mengajari" apa lagi "menggurui". Bukan karena merasa "Paling benar" ataupun "cari tenar". Bukan, bukan karena semua itu atau pun alasan yang sejenis dengan itu. Semoga Allah menjauhkannya dariku.

Oke, sekarang langsung aja. Jadi, ceritanya beberapa hari kemarin lagi marak banget BeCa BeCe (baca: Broadcast) tentang bulan Rajab. Yang pada kebagian BC seperti ini pasti udah ngerti dong ya... BC yang dimaksud yang seperti apa. Bagi yang belum tahu, baiklah, akan aku kasih tahu. Ini dia BC-nya. (Rencana mau discreenshoot, tapi kepanjangan. Jadi dicopas aja.)

Mulai Malam ini (Ba'da Maghrib sudah masuk  1 Shafar. Rasullullah Bersabda "Barang Siapa Yang Memberitahukan Berita 1 Safar Kepada Yang Lain, Maka Haram Api Neraka Baginya".   Dan berdzikirlah mengingat اَللّهُ ... "Subhanallah, Walhamdulillah, Walaa ilaaha ilallah, Allahu-Akbar, laa haula wala quwata illa billahil aliyil adzim” Sebarkan!, Anda  akan membuat beribu-ribu manusia berzikir kepada Allah SWT
  آمِّيْنَ آمِّيْنَ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ
maaf... Jangan putus di Anda. Gak sampai 1 menit kok اَللّهُ maha besar..
Puasa rajab(8 april nanti). 1 hari sepertipuasa setahun. 7 hari ditutup pintu2neraka jahannam. 8 hari dibuka pintu 8surga. 10 hari dikabulkan sgalapermintaannya. Dan barang siapa ygmengingatkan ttg ini seakan ibadah 80tahun. Subhanallah.. ayo kita saling mengingatkan

Nah, itu dia BC-nya. Gimana? Temen-temen ada menangkap kejanggalan nggak sih, dari pesan itu? Bagi yang nggak tahu di mana bagian yang janggal, mari kita telaah bersama-sama.

FYI. Itu pesan dikirim tanggal 7 april. That's mean, besoknya tanggal 8 april. Masih di bulan yang sama, tahun yang sama tentunya. Otomatis belum ada pergantian bulan juga, kan? Tapi, apa yang terjadi? Let's see. Di awal pesan disebutkan, "Mulai malam ini (Ba'da maghrib) sudah masuk 1 shafar..."  dilanjutkan dengan hadis, yang sampai sekarang aku--yang cetek ilmunya ini--belum menemukan referensi yang mengatakan bahwa hadis itu benar (shahih).  Jika ada yang tahu, tolong kasih tahu aku.

Oke, kita lupakan soalan hadis tadi, biarkan para pakar membahasnya. Lanjut ke kalimat selanjutnya, katakanlah paragraf kedua, "Puasa rajab (8 april nanti)..." Nah loh, ini pesan--seperti yang aku sebutkan tadi--dikirim 7 April, awalnya dibilang besok Shafar, terus di bawah dibilang lagi besok puasa Rajab. Jadi, maksudnya dalam semalam saja bisa berubah dan loncat bulan gitu? *mendadak syok*
Anggaplah kita tidak hapal bulan-bulan arab (walaupun sebagai muslim tentu alangkah baiknya jika kita hapal), bukankah secara logika sudah tidak masuk akal? Awalnya dibilang besok Shafar, eh tahu-tahu berubah besok jadi Rajab? *mikir keras*

Dan seperti paragraf di atasnya, di paragraf ini pun, ada hadis lagi. Hadis yang sampai sekarang, lagi-lagi dengan aku yang ilmunya cetek ini, belum berhasil menemukan referensi--yang dapat dipercaya--bahwa itu hadis shahih. Itu artinya, kedua hadis tersebut masih dipertanyakan ke-shahih-annya.

Oh ya, karena banyak banget kemaren yang ngebahas bahkan nanya soal puasa Rajab ini, maka aku harus membuka buku dulu untuk menjawab pertanyaan temen-temen soal puasa rajab ini. Dan kebetulan banget, karena habis ketabok di pertanyaan "Kulkas, ada?" beberapa waktu lalu, aku jadi punya buku referensi yang In syaa Allah bisa dijadikan dasar rujukan untuk ibadah. Terstandar dari segi dalil dan aman In syaa Allah, buku Fiqh Sunnah karya Sayyid Sabiq. Ini dia penampakkan bukunya.
Fotonya nyaplok di google
So, jadilah aku kemaren buka buku yang lumayan guede and tebel itu, daaaann... Tarraaaa... GAK ADA NAMANYA PUASA RAJAB. Nah loh.

Rajab memang termasuk salah satu bulan haram (bulan yang disucikan), tapi untuk amalan khusus bulan Rajab, itu nggak ada. Ingat ya... NGGAK ADA. Kalau mau melatih diri berpuasa, karena bentar lagi mau masuk Ramadhan, ya sah-sah aja. Silahkan aja perbanyak puasanya. Rutin senin-kamis, puasa ayyamul bidh, atau puasa sunnah daud. Ya monggo. Yang jelas, jangan niat puasa Rajab, karena itu nggak ada. *Terus, untuk yang kemaren udah terlanjur puasa gimana?* Nah, kalau ini coba tanya ama para ustadz dan pakar. :D Kalau aku mah apa atuh. Cuma remekan peyek di plastik lecek. Hiks.

Oke. Back to BC-BC-an tadi, tanpa bermaksud untuk menggurui apatah lagi menyalah-nyalahkan orang lain, aku hanya ingin mengajak teman-teman semua untuk lebih bijak dalam menyebarkan BC. Silahkan baca dan telaah dulu sebelum menyebarkan suatu berita, terutama yang nggak jelas sumbernya, apalagi ini terkait agama. Kita semua para pengguna smartphone, alangkah baiknya jika kita juga bisa menjadi smart user :D

Jangan sampai kita menyebarkan berita yang menyebabkan orang lain jadi susah atau gelisah. Apalagi sampai menyebarkan BC yang pakai nada mengancam, seperti "Jika tidak menyebarkan berita ini maka akan kena musibah, orang tua begini begitu..." Na'udzubillah. Jangan sampai. Banyakin istighfar dan kuatin iman yuk Guys!

Dan biasanya lagi yang membuat aku lebih miris, kadang sempat rasanya pengen nangis, ini BC udah nggak jelas sumbernya, terus selain ada nada ancaman, malah pakai sumpah atas nama Allah. Sedih. Miris. Agama terasa dipermainkan. Aku pribadi, jika dapat pesan seperti ini, langsung istighfar (walaupun terkadang ada rasa gemez sama yang ngirim, tapi aku yakin, dia juga adalah "korban"), dan hapus pesannya.

Fenomena-fenomena BC seperti ini, memang kadang bikin gemez dan gregetan. Tapi, kadang yang bikin lebih gregetan lagi, kenapa masih banyak aja yang dengan mudah menyebar BC seperti ini?  :( Hmmm.. Huuufh. *sedih adek, Bang*

And last, semoga Allah mengampuni segala salah dan khilaf kita. Dan semoga kita bisa menjadi muslim yang lebih peduli akan agama dan bersemangat untuk belajar dan terus belajar setiap harinya.

Ya Allah... Ajari kami untuk menjadi lebih baik. Aamiin.

13 komentar:

  1. bener ci, pernah dapt BC ky gitu pas mash bulan rabiul awal, ngaco kan, ak bals suruh liat kalender

    BalasHapus
  2. Yuhuu... Pinjem buku hadist nya Mbak cici...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu buku fiqh mba, bukan hadis. Hehe.

      Oh ya, mba ciani blm baca postingan yg "kulkas, ada?" ya?
      Hehe

      Hapus
  3. Karena hal inilah maka saya jarang banget ngeBC apapun kecuali tulisan sendiri..

    BalasHapus
  4. Saya pernah balas bc kayak mbak lisa, g brp lm di delcon

    BalasHapus
  5. Kalo tentang BC2 sih aku juga gemes mbk...
    tapi kalo yang puasa rajab sih keknya emang ada haditsnya... menurut pak ustadz dan pak Kyai di madrasah ataupun di kampung, hehe

    BalasHapus
  6. Saya malah awam yg beginian, jujur saya bukan Agamawan yg taat.
    Apalagi soal dalil, otak saya ndak nutut.
    Jadi kl terima BC Islami ya gk saya apa2in

    BalasHapus
  7. Klo aku y mbak emang sedikit kejam jila soal BC, aku memperingatkan bagi kontak yg ada utk tidak mengirim BC ke aku atau langsung aku DC.

    BalasHapus
  8. Klo aku y mbak emang sedikit kejam jila soal BC, aku memperingatkan bagi kontak yg ada utk tidak mengirim BC ke aku atau langsung aku DC.

    BalasHapus
  9. Sama sih.. aku juga sebel banget ma bc2 nggak jelas.. gitu.. tapi kalau soal puasa rajab,sama kek inet keknya emang ada dan perasaan kemaren ada yg posting tentang itu deh.. lupa aku siapa ya? 😃

    BalasHapus
  10. Wah, aku baru tahu nih dari inet dan mba mita kalau puasa rajab itu ada. Bs tlg tnyain dalilnya ambil dari kitab apa? Biar aku bisa belajar :)

    Soalny aku nggak cuma baca dari buku fiqh yg aku blg tadi, tp juga membaca keterangan dan bertanya dari beberapa ustadz juga, yang paham In syaa Allah.

    Di beberapa daerah, atau orang2 tua kita, memang ada yg mengamalkan puasa rajab, tapi ketika ditanya, mereka juga nggak ngerti apa dan gimana. Hanya turun temurun saja melakukannya. Dan jika kita lihat dalil hadis tsb yg berisi keutamaan puasanya, akan timbul pertanyaan, "Kok seolah2 lebih hebat dari puasa ramadhan,ya? dan hanya sekadar memberitahukan ttg puasa rajab, ganjarannya seperti ibadah 80 thn?"

    Menurut aku pribadi--yang awam ini--terasa agak janggal. Wallahu'alam.

    CMIIW

    BalasHapus