Selasa, 18 Agustus 2015

Merdeka?

"MERDEKA! MERDEKA! MERDEKA!"

Teriakan itu terdengar di mana-mana. Bahkan dinding-dinding rumah, kantor, gedung, dan jalananpun seolah ikut meneriakan satu kata "MERDEKA".

Tidak hanya itu, para pengguna media sosial pun ikut meneriakan kata yang sama, melalui kicauan, status, bahkan gambar-gambar kreatif di akun-akun mereka. Sekali lagi, semuanya mengacu pada satu kata "MERDEKA".  Tak jarang di antara mereka para pengguna media sosial, membuat sajak, puisi, cerita atau sekedar quote tentang "MERDEKA" menurut versi mereka.

Ah, MERDEKA. Satu kata yang pasti menjadi idaman setiap bangsa, menjadi surga bagi mereka yang dulu pernah dijajah.

MERDEKA. Aku bersyukur kini bangsaku sudah merdeka. Sehingga aku bisa melakukan apa yang ku suka, tanpa takut diancam Belanda.

MERDEKA. Aku bahagia kini bangsaku merdeka. Banyak cita dan cerita indah yang bisa ku lukis di dalamnya.
Negeri yang damai, semua rakyat hidup rukun. Saling berdampingan, perbedaan suku dan bahasa itu bukanlah sebuah halangan. Justru perbedaan itu yang membuat negara dan bangsaku ini semakin kaya. Kaya bahasa, kaya hasil tambangnya, kaya hasil pertaniannya, kaya hasil lautnya. Bahkan menurutku, inilah surga dunia. Semua kekayaan bumi bisa dikatakan di dalamnya.

Ah. Indonesia, aku makin cinta.

Tapi, tunggu dulu. Apakah "MERDEKA" itu hanya imajinasiku? Kemana perginya semua kekayaan itu? Jika benar ini surga dunia, semua kekayaan alam ada padanya, lalu kenapa banyak rakyatnya yang sengsara?
Bahkan belakangan, aku semakin melihat, aku merasakan, bangsaku tidak hanya sengsara harta, tapi juga sengsara hati, jiwa dan pikirannya.

Hati yang kini banyak dirasuki rasa benci, jiwa yang kini semangatnya tak berkobar lagi, dan pikiran yang kini telah terkontaminasi.
Sampai kapankah bangsaku seperti ini?
Apakah benar merdeka itu hanya imajinasi? Atau ilusi penghibur diri?

Ah. Bangsaku. Seperti apapun keadaanmu, aku selalu cinta. Walau ku tahu kini rakyatmu tengah "dijajah" moral, pikiran dan mentalnya.

Bangsaku. Bantu aku untuk bisa memerdekakanmu seutuhnya.


#MerdekaDalamImajinasi
#MalamTantanganOWOP


-cici putri-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar