Sabtu, 12 Desember 2015

Congklak dan Korupsi

Sumber : http://www.kompasiana.com/d3551/permainan-djadoel-edisi-1
Kau tahu permainan congklak?
Permainan yang populer di kalangan anak-anak--dulu.
Dan sekarang tidak lagi, karena permainan ini nyaris hilang--seperti ditelan bumi.

Ah... Sudahlah, aku tidak akan membahas tentang apa dan mengapa permainan ini bisa hilang. Karena aku yakin, kau juga pasti tahu penyebabnya.

Aku di sini tidak akan berasumsi, berpersepsi apatah lagi berteori. Namun, jika aku diizinkan beranalogi, maka akan kukatakan, para pelaku korupsi sama seperti para pemain congklak.

Kau mungkin heran, kenapa aku menganalogikan permainan menyenangkan ini dengan prilaku yang sungguh jauh dari kata menyenangkan sama sekali.
Terlalu lancang memang, atau bahkan sungguh tak pantas aku beranalogi seperti ini.
Tapi, Hey! Cobalah liat satu sisi. Ada yang sama di antara keduanya.
Pada permainan congklak, tujuanmu hanya satu, memperkaya lumbungmu-- sebanyak-banyak. Tak peduli betapa temanmu telah sengsara kehabisan harta bendanya. Kau masih saya terus melancarkan misimu--memenuhi lumbung hartamu, terus-- hingga melimpah.

Kau juga berlagak pura-pura dermawan membagi-bagikan hartamu, padahal itu adalah harta yang telah kau 'rebut' dari mereka. Lagi-lagi, tujuanmu hanya satu--mengambil harta mereka--perlahan, lalu memenuhi lumbung hartamu.
Persis perilaku korupsi para manusia berdasi, bukan?

Ah. Sudahlah...
Aku tak ingin membahas lebih jauh lagi tentang ini. Karena aku tak ingin persepsimu tentang permainan menyenangkan ini berubah menjadi benci, jika aku bahas ini lebih jauh lagi. Karena sesungguhnya aku memang telah lancang, mengambil penganalogian yang tak sepantasnya ini.

Biarlah...
Kini, aku sudah lelah bersuara.
Aku lelah berkoar-koar di jalan raya.
Kini, aku ingin berjuang dengan cara yang berbeda.
Berjuang untuk menyadarkan diri-diri yang terlena oleh dunia.
Berjuang untuk membangkitkan jiwa agar lebih peka.
Kini aku ingin berjuang--melalui pena.

-Cici Putri-
@ciciliaputri09

#MalamLemparKata
#CongklakKorupsiPena

2 komentar:

  1. Gue kalo main congklak tujuan gue adalah menang jalan, Ci xD


    *lalu dijitak Cici yang lagi serius

    BalasHapus