Senin, 13 April 2015

Ini Jagoanku, Mana Jagoanmu?



Hai semua…
Kali ini aku ingin sedikit berbagi tentang sebuah hadis. Hadis apakah itu?? Ok. Cekidot guys. Ini dia hadisnya.
Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, bahwasannya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang menginfakkan dua pasang hartanya di jalan Allah maka dia akan dipanggil di surga, ‘Wahai hamba Allah, ini adalah yang baik.’ Barang siapa yang tergolong ahli shalat maka dia akan dipanggil dari pintu shalat. Barangsiapa yang tergolong ahli jihad maka dia dipanggil dari pintu jihad. Barang siapa yang tergolong ahli sedekah, maka dia akan dipanggil dari pintu sedekah. Barangsiapa yang tergolong ahli puasa, maka dia akan dipanggil dari pintu al-Royyan.
(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Nah, dari hadis itu tentunya udah pada tahukan ya? Iya kan, iya deh. Iya dong? Hehe..
Kalau ternyata pintu surga itu ada banyak ya.. gak  cuma satu aja. Ada pintu sholat untuk mereka yang ahli sholat, ada pintu jihad untuk mereka yang ahli jihad, ada pintu puasa untuk mereka yang ahli puasa, dan ada pintu sedekah untuk mereka yang ahli sedekah. Subhanallah… Allah begitu sayangnya kepada kita, sehingga membuatkan pintu-pintu spesial untuk hamba-Nya yang gemar beramal.
 Tidak hanya pintunya yang spesial,tetapi tentunya orang-orangnya yang dapat memasukinya, merekalah orang-orang spesial. Pertama, spesial karena bisa masuk Surga dan bertemu langsung  dengan Allah ‘Azza Wajalla. Kedua, spesial karena tidak hanya masuk surga, tapi juga  diberikan pintu khusus untuk memasukinya, ibaratnya udah dikasih “red carpet” gitu deh... :D
Wah… keren gak tuh??
Kita semua tentunya mau donk, masuk surga? Tapi pertanyaannya, adakah amalan yang membuat kita pantas Allah masukan ke dalam surga-Nya? Surga dengan segala keindahan dan fasilitas yang oke punya, yang gak bakal ada tandingannya di dunia, meski dibandingkan dengan hotel berbintang sejuta sekalipun.. hehe (emang ada hotel bintang sejuta? :D )
Nah sobat, udah tahu kan sekarang bahwa Allah telah menyiapkan pintu-pintu surga sesuai amalan kita. Jadi, tentu  alangkah baiknya jika dari sekarang kita sudah mempersiapkan diri untuk memilih, kira-kira dari pintu manakah kita bisa untuk masuk ke Surga-Nya? Maka dari itu, siapkan jagoanmu?? Apa?? Jagoan?? Jadi harus ada body guard gitu?? Eits… tunggu dulu, bukan itu maksudnya. Maksudnya adalah kita harus punya amalan andalan (baca: jagoan). Misal, jika kamu lebih gemar berpuasa, maka lanjutin puasanya. Lebih semangat lagi, lebih diperbanyak lagi, dan lebih diperhatikan lagi sunah-sunah puasanya. Atau bagi kamu yang mulai terbiasa sedekah bulanan, maka mulai ditingkatkan lagi, jadi sedekah mingguan, bahkan harian. Eits,, tapi jangan lupa nominal sedekahnya juga ditingkatkan yaa.. :D
Atau bagi kamu yang udah mulai terbiasa bangun sholat malam (tahajud), nah cakep tuh,,, lebih digiatin tahajudnya,, banyakin rakaatnya, panjangin bacaan dan do’anya, tambahin ama dhuha di pagi harinya.. wuuih, pasti keren, dan In syaa Allah kamu bakalan dipanggil dari pintu sholat. Aamiin.
Oh iya Sobat. Ingat ya… Seseorang yang ingin dikatakan ahli puasa, bukan berarti dia meninggalkan ataupun menyepelekan ibadah lainnya loh,,, jadi jangan sampai salah tafsir ya… “Ahli” di sini maksudnya adalah orang yang banyak-banyak mengerjakan satu amalan (ibadah) tanpa meninggalkan ibadah-ibadah lainnya, terutama ibadah wajib yaa... Seperti, ahli puasa itu berarti orang yang banyak-banyak berpuasa, ahli sedekah yaitu orang yang banyak-banyak bersedekah. Nah.. begitu Sobat, sudah paham kan sekarang?
So.. Yuk dari sekarang kita mulai persiapkan “Jagoan” andalan! Sebagai tiket masuk memenangkan surga impian.
Semoga Allah, kelak pertemukan kita semua di Surga-Nya. Aamiin.

1 komentar: