Rabu, 01 Maret 2017

Andilau

Huaaa... Setelah tiga bulan blog tak tersentuh, akhirnya hari ini bisa posting lagi itu rasanya... Ah, tak bisa diungkapan dengan kata-kata. #Terharu

Baiklah, kali ini mari awali postingan di blog ini dengan melanjutkan kisah dari anak-anak OWOP yang kece-kece. Cerita ini bergenre family-romance-comedy, berlatar anak muda dan keluarga betawi. Langsung aja, ini dia... *Semoga aku nggak merusak cerita* wakakaka.

Cerita sebelumnya:

1. Balada Cinta Udin dan Lela
2. Balada Cinta Udin dan Lela 2
3. Beras, Cabai, dan Selingkuh
4. Cinta ditolak
5. Luka yang Membawa Harapan
6. Hari terakhir ngojek
7. Titik Terang

Dan, inilah episode 8


ANDILAU

Bukan Udin tak tahu kalau susah melihat orang senang, dan senang melihat orang susah itu tidak baik. Karena, dia masih ingat betul perkataan Bu Maemunah, guru agamanya waktu SD dulu, "Kita sesama umat muslim harus saling menyayangi dan tolong menolong. Jangan sampai kita justru senang saat orang lain susah." Begitu lebih kurang perkataan Bu Maemunah yang Udin ingat. Walau cuma tukang ojek--yang barusan pensiun begini, Udin termasuk anak yang rajin di sekolah. Rajin tidur saat guru menerangkan.

Tapi, apa  mau dikata, semua ini memang bukan kehendaknya, walau dia memang menginginkannya, menginginkan Lela jadi miliknya,seutuhnya. Dan saat ini, sepertinya nasib baik memang sedang berada di pihaknya. Berita penangkapan sejumlah anak muda yang terlibat penjual dan pemakai narkoba, yang seharusnya membuat miris itu, justru terdengar sebagai angin surga bagi Udin. Udin merasa sedang memenangkan uang milyaran tanpa harus ikut lomba ini itu. Dan tentunya ini bukan berita "kemenangan" dan hadiah semu seperti sms yang kerap diterima banyak orang, "Selamat Anda memenangkan hadiah utama berupa satu unit mobil Ferarri dari undian Teh Kertas. Silahkan hubungi Mbah Marijan di nomor 088xxx untuk mendapatkan kunci mobilnya." 

Bukan. Bukan itu. Ini berita sungguhan. Saking sungguhannya, Udin nyaris tak percaya--tak percaya bahwa dia bisa memangkan Lela dengan mudahnya, tanpa harus terhalang Steven lagi. Karena kalau Lela tahu  beita ini, sudah pasti lela akan tidak mau pada Steven lagi, dan itu berarti lelal akan seutunnya jadi miliknya.

Tanpa membuang-buang waktu lagi, dengan sigap bak tentara mendapat perintah dari atasan, Udin mengambil handphone,  mengetik beberapa kalimat pesan singkat,

 "Lela sayang, coba deh kamu sekarang nonton NewsTV,  ada berita penting yang kamu harus tahu." 

Sms dikirim. 

Udin menunggu balasan sms dengan tak sabaran. Nyaris tiap detik Udin bolak balik melihat layar handphone yang tak kunjung muncul gambar amplop yang ditunggunya.

Tiga menit tiga puluh tiga detik sudah Udin menunggu balasan sms dari Lela.

Udin mondar-mandir kayak setrikaan di ruang tamu, sambil terus mengecek handphone-nya tiap tiga detik, atau di hitungan ketiga. 1,2,3 sms belum ada. 1,2,3 sms tak datang juga. 1,2,3...

 "Eh, Din. Lu ngapain bolak-balik, bolak-balik udah kayak laki nungguin bini ngelahirin aja loh." Babe yang sedari tadi terganggu dengan tingkah Udin, kini angkat bicara.

Udin tak menjawab. Walau dia mendengar pertanyaan Babe, tapi pertanyaan itu hanya dianggapnya seperti laler yang sering usil hinggap di sekitar mulutnya, saat ia tengah asik ngiler saat Boci--bobok ciang.

 "Din, ada ape sih, Lu sebenernya? Ikutan enggap gua liat lu mondar mandir kagak jelas gitu." Babe makin risau--lebih tepatnya risau karena kelakuan Udin mengganggu kenikmatan kopi dan pisang gorengnya. Pisang goreng yang tadinya terasa gurih dan krispi, sekarang jadi terasa anyep.

"Ini, Be. Nunggu balasan sms dari Lela." Udin akhirnya menjawab.

"Ya e lah. Gua kira kenapa, Lu. Ya kalau kagak dibalas, lu telpon aja kenapa? Ribet amat, lu."

Oh iye ye, Be. Kok kagak kepikiran dari tadi ya?" Udin menepuk jidat jenongnya. 

"Dasar lu, sekolah aje tinggi. Itu aja mesti dikasih tahu. Lagian, lu mau  nunggu balasan apaan sih dari si Lela, ampe grasah grusuh gitu?" Babe memperbaiki sarungnya yang mulai melorot.

"Hehehe. Ada deh, Be." Udin nyengir kuda. 

"Ah. Ya udah deh. Serah  lu." Babe melengos, dan akhirnya beranjak ke dalam. "Oh ya," Babe membalikkan badannya sebelum benar-benar masuk kamar. Udin melongok dengan tatapan, 'Ada apa, Be?'

"Entu sms udah lu cek? Kekirim kagak? Jangan-jangan kayak tempo hari lu mau sms encang lu lagi, ampe berkarat lu nungguin, rupanya tu sms habis lu ketik kagak lu kirim."

Tiba-tiba seperti tersadar dari kondisi hipnosis Aa Rapel, Udin dengan sigap mengecek handphone-nya. "Ya ampuuun. Belum kekirim" Kening jenongnya jadi sasaran lagi. Babe tertawa hingga perut buncitnya bergoncang.

Gagal sudah rencana membuat Lela patah hati pada Steven.

MALAM HARI.

"Tumben lu, kagak makan jengkolnya. Din? Biasanya paling kalap lu kalau udah liat jengkol, ampe rebutan ama babe lu," tanya emak yang aneh melihat semur jengkolnya tak disentuh oleh Udin si hantu jengkol.

"Hehe. Kagak, Mak. Mak jangan tersinggung, ye. Aye kagak makan bukan karena kagak doyan, Mak. Pan emak tahu, ini semur jengkol paporit aye. Tapi kali ini kudu tahan selera, Mak." Udin memasukkan suapan nasi ke mulutnya sambil senyam-senyum.

"Tahan-tahan? Maksud lu, apaan? Lu kagak udah maen istilah-istilahan deh ke Emak. Kagak ngarti Emak, Din." Emak, menuangkan semur jengkol yang tersisa di mangkok ke piringnya. Kalau Udin kagak mau, ya udah gue aja yang abisin.

"Gini, Mak. Malam nih, aye rencana mau maen tempat Lela, Mak. Kagak enak, kan, kalau aye ketemu Lela ntar, napas aye bau jengkol, mak. Dan kali ini, spesial, Mak. Aye mau ngajak Lela jalan. Kali ini, aye pasti berhasil, Mak. Karena kagak ada Steven lagi yang menghalangi. Babenya Lela juga, pasti bakal ngijinin aye ketemu dan ngajak Lela jalan. Pan aye udah kerja, Mak." Udin menerangkan dengan senyum penuh percaya diri. Padahal diri juga belum tentu percaya sama Udin. 

"Gini, ye, Din. Emak sebenernya masih kagak setuju Lu sama Lela. Karena, Lela itu kagak cocok sama Lu, Din. Lagian, udah terbukti, kan, die kagak beneran cinta dan setia ama Lu? Buktinya kemarin dia mau sama Steven. Nah, ngapain lagi sekarang Lu masih ngejer-ngejer dia? Mending Lu cari cewek lain. Lagian, pan sekarang Lu udah kerja, Din. Lu bisa dapetin cewek yang lebih baek daripada si Lela entu. Lu, ngarti maksud, Emak?" Emak menjelaskan panjang kali ciliwung, eh panjang lebar maksudnya.

Udin hanya diam mendengar penjelasan emaknya yang udah kayak pidato kampanye pilkada. Dalam otaknya yang tak seberapa itu, ia coba mencerna dan menimbang-nimbang apa yang tadi disampaikan emaknya. Emak benar, Lela mungkin bukan cewek yang baik untuknya, tapi bagaimana lagi, ia sudah terlanjur cinta sama Lela. Seperti kata Agnes Monikah, "Cinta tak kenal logika". Kalau gitu yuk, Cin kita kenalan. Lah? 

***
Malam itu, karena sibuk memikirkan pendapat Emak dan menimbang-nimbang perasaan cintanya pada Lela, akhirnya Udin mengurungkan niatnya untuk mengajak Lela nge-date. 

Udin uring-uringan di atas kasur di kamarnya. Tidak cuma kasur, mungkin setiap inchi ruang di kamarnya sudah dijelajahinya untuk menengkan hati dan pikirannya. Emak benar, tapi cintanya pada Lela juga tidak salah. Lalu gue harus  gimana??

Aarrrrggh... Udin kesal pada dirinya sendiri yang tidak mampu menentukan sikap sebagai lelaki. 

Tiba-tiba di tengah kegundahannya, bayangan Bu Rohaye muncul di benaknya sambil berkata, "Kalau hati dan pikirann lagi gelisah, baeknya ambil wudhu, terus sholat. Biar tenang." 

Seketika, seperti mendapat petunjuk, Udin pun langsung ambil wudhu dan sholat. Tapi, dalam sholatnya, Udin tetap tidak bisa tenang dan khusyuk, karena yang terbayang hanya wajah Lela dan Lela. Udin semakin kesal pada dirinya sendiri. 

***

"Gimane, Din? Kagak jadi ke tempat Lela, lu semalam?" tanya Emak menyapa Udin yang sudah rapi dan siap berangkat kerja.

"Kagak, Mak," jawab Udin sekenanya.

"Oh, bagus deh. Jadi Lu udah ambil keputusan buat nggak ngejar-ngejar Lela lagi?" Emak makin kepo.

"Auk ah, Mak. Udin pusing," jawab Udin dengan muka kusut, kemudian mengamit tangan Emaknya, "Udin berangkat dulu ya, Mak. Assalamu'alaykum." 

"Wa'alaykumussalam," jawab Emak lirih setengah bingung melihat kondisi Udin yang tak bergairah sama sekali. 

Baru saja Udin hendak menaiki motornya saaat tiba-tiba ada suara memanggilnya, "Bang Udiiin..." Seseorang berlari dan setengah berteriak memanggilnya.

Udin menoleh ke arah sumber suara. Lela? Udin mengucek matanya untuk memastikan dia tak salah lihat. Benar, itu Lela. Udin tak salah lihat, walau ternyata mata yang barusan dikuceknya masih ada beleknya.

"Lela, ada apa pagi-pagi ke..." Udin tak sempat melanjutkan perkataannya, karena gadis yang selama ini dicintainya tiba-tiba sudah menangis dan memeluknya. 

Udin justru hanya terdiam kaku, tanpa membalas pelukan Lela. Padahal dari dulu dia sudah ingin melakukannya. Tapi, tentu saja tidak mungkin, karena untuk bertemu Lela saja dia butuh begitu banyak perjuangan dan alasan melewati Emaknya dan Babe Lela. 

Lela masih menangis, saat Udin mulai tersadar dari kebingungannya, "Lela, kamu kenapa? Ada apa?" Udin mencoba bertanya hati-hati.

Hiks... hiks... Lela berusaha menghentikan tangisnya. "Bang Udin, maafin Lela, ya.. Lela dapat kabar semalam, katanya Steven masuk penjara karena narkoba, Bang. Ternyata Steven nggak sekaya, eh nggak sebaik yang Lela dan Babe sangka. Lagian Bang, sebenrnya Lela cuma cinta sama abang, bukan sama Steven, Bang." Lela menjeladengan rasa bersalah. 

"Terus, kenapa kamu mau jalan sama Steven, La?" tanya Udin meminta kepastian.

"Ya, itu kan karena disuruh Babe, Bang."

"Termasuk mesam mesem dirayu dan dirangkul Steven juga Babe yang nyuruh?"

"Hhehe... Itu kan, terpaksa, Bang." Lela nyengir imut, bikin hati Udin jadi luluh. "Eh, abang kok tahu, sih? Abang ngikutin Lela, ya? Ciee... Abang." Lela mencolek Udin manja.

Kalau sudah begini, Udin semakin susah move-on dari Lela. "Maafin Lela ya, Bang. Abang mau kan maafin Lela?" Lela kembali memeluk Udin manja.

Aduh. Bagaimana ini, Udin masih tak menjawab, tapi ia juga tak mau melepaskan pelukan Lela. Kini Udin benar-benar merasa dalam kondisi seperti Andilau, alias ANtara DIlema dan gaLAU.

Aaaaarrgh... Udin merasa lagi-lagi kesal pada dirinya. Bagaimana ini???

Bersambung...
Episode terakhir nantikan di sini


gambar: http://pencinta-wanita.com/artikel/saya-ingin-kamu-bingung/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar