Senin, 25 Juli 2016

Cake Coklat Simple Tanpa Mixer

Yuhuu... Akhirnya jadi juga bikin cake kayak gini, dan ini pertama kalinya aku bikin kue sendiri. Alhamdulillah langsung berhasil. Yupppie!!! *lompat-lompat girang
#abaikantoppingyangradaberantakkan

Karena biasanya, aku cuma bantuin mama aja, cuma bantuin ngocok telur pake mixer. Bahan-bahan yang dimasukin, berapa takarannya, berapa lama manggang/ngukusnya, aku nggak pernah tahu. Yang aku tahu cuma satu. Jadwal makannya. Hahaha.

Setelah menunggu beberapa hari (karena sok sibuk), hasil tanya dan browsing sana sini, maka jadilah semalam aku memberanikan diri untuk membuat kue sendiri. Maklumlah, aku termasuk orang yang rada parno kalau diminta bikin sesuatu dengan takaran yang pass. Dan setahu aku, bikin cake-cake begini takarannya kudu pas, bahan-bahannya harus bagus, de el el. Beda banget sama resep-resep makanan (menu utama) yang biasa aku buat, aku bebas berkreasi sesuka hati. Cari resep cuma untuk gambaran umum, ujung-ujungnya... ya suka-suka. Hahaha.
Baiklah, untuk kamu yang udah nggak sabaran pengen nyobain resep ini, dan sesuai janji aku di instagram @ciciliaputri09 kemarin, kalau cake-nya berhasil bakal posting cara buatnya, maka langsung aja deh. Ini dia ~

Bahan:
  • 85 gr margarin
  • 75 gr gula halus
  • 100 ml susu cair (bisa pakai susu UHT, atau susu kental manis. Kalau aku pakai UHT, karena lebih mudah nakarnya, dan aku pakai susu putih, kalau teman-teman mau pakai yang coklat juga bisa)
  • 1 butir telur
  • 55 gr terigu protein sedang (serba guna)
  • 30 gr coklat bubuk
  • 1/8 sdt baking soda
  • 1/2 sdt baking powder (jika ada baking powder double acting lebih bagus)
  • 1/2 sdt vanili ekstrak (atau 1/8 sdt vanili bubuk)
Bahan topping (optional):
  • 75 gr coklat blok (bisa yang putih atau coklat)
  • 15 gr mentega/ margarin
  • 25 ml susu cair
  • meses untuk taburan
Cara membuat:
  • Olesi loyang (aku pakai loyang bulat dengan diameter 16 cm, dan tinggi 6 cm) dengan margarin, dan taburi dengan tepung terigu. Ingat! olesi dan taburi sampai merata seluruhnya ya...
  •  Dalam panci kecil, campur gula + mentega + susu cair + vanili. Panaskan dengan api kecil hinggga gula dan mentega larut, tidak perlu sampai mendidih. Angkat, dan biarkan agak dingin.
  • Ayak bahan kering (terigu, coklat bubuk, baking soda, baking powder) campur dalam wadah.
  • Kocok telur. Kocok lepas saja dengan garpu.
  • Jika larutan mentega sudah agak hangat (bisa dicoba dengan mencelupkan tangan ke dalamnya), masukkan kocokan telur tadi. Aduk rata.
  • Masukkan larutan mentega dan telur tadi ke dalam campuran bahan kering, sedikit demi sedikit sambil diaduk. Aduk pelan saja, yang penting rata, dan jangan mengaduk terlalu lama. Jika ada gumpalan-gumpalan sebesar kacang, tidak apa-apa, biarkan saja, asal jangan terlalu besar seperti biji salak. :D (Tanda adonan sudah bercampur rata, adonannya sudah agak encer)
  • Bila sudah rata, masukkan ke dalam loyang. Kukus selama 40-45 menit.
  • Setelah matang, angkat. Dan biarkan agak dingin sebelum dilepas dari loyang.
Sementara menunggu cake dingin, kita bisa siapkan bahan untuk topping.
  • Panaskan mentega, susu, dan coklat dalam panci hingga meleleh. Angkat. Aduk-aduk hingga coklat mengental
  • Oleskan cairan coklat kesemua bagian cake(pastikan cake benar-benar dingin terlebih dahulu)
  • Taburi meses di atasnya.
Dan taraaa... Ini dia hasilnya!


Cake coklat dengan ukuran mini. Hihi

Oh ya, mengingat bahan untuk membuat cake ini sangat simple dan tanpa mixer, maka untuk memastikan cake ini matang dengan baik dan hasilnya sesuai yang diharapakan, yuk baca beberapa catatan di bawah ini:

  1. Pilih coklat bubuk dengan kualitas bagus. Usahakan jangan yang kiloaan ya, biar rasanya enak dan warnanya bagus.
  2. Pilih baking powder yang bagus dan masih fresh, jangan yang mendekati tanggal kadaluarsa, apalagi yang tidak jelas tanggalnya. Saran aku, coba pakai yang baking powder double acting, biar hasilnya makin bagus. Kalau yang aku buat ini, pakai baking powder biasa, karena kemaren udah nanya beberapa toko, nggak ada yang jual yang double acting. :( Tapi, syukurlah, setelah deg-degan (takut nggak ngembang), hasilnya cukup memuaskan, walau tidak terlalu kembang. But, I like it. :)
  3. Jangan mencampur larutan mentega dan telur jika masih panas, karena nanti telurnya bisa berserabut. :D
  4. Sebelum  mengukus cake, pastikan air di dalam dandang mendidih terlebih dahulu. Agar panasnya stabil. Kukus dengan api sedang, dan jangan membuka tutup selama proses pengukusan, walau hanya sebentar, karena nanti cake nya bisa tidak mengembang. Maka pastikan air di dalam dandang, cukup untuk mengukus selama 45 menit. :)
  5. Ketika mengukus, jangan lupa untuk memberi alas kain lap pada panci penutup, agar uap air tidak menetes. Ingat, kain lap nya yang bersih ya... Hehe.
    contoh memasang kain lap :D


Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuat cake ini. Gimana, bahan dan cara membuatnya mudah kan? Terutama karena nggak perlu mixer, jadi cocok banget buat kamu (aku tentunya) yang nggak punya mixer. Hihi.

Oh ya, cake yang aku buat ini, bisa untuk 3-4 orang dengan porsi makan cukup puas :D

Selamat mencoba, dan ditunggu komennya. :)


NB:
Cake ini hasil dari resep di blog justtryandtaste dengan takaran setengahnya. Jika kamu ingin buat yang lebih besar, bisa dikalikan aja takaran bahannya ya. :)

3 komentar: